Posted on

Unik, Slovenia Menggagas Akademi Pemeliharaan Lebah

Kamis 14 Desember 2017 – 14:13

Di Slovenia, lebah bukan hanya dipandang sebagai hewan biasa. Warga di sana sangat memanfaatkan lebah, baik sebagai penghasil madu hingga menjadi ikon daya tarik wisata. Bahkan, baru-baru ini Slovenia akan menggagas akademi pemeliharaan lebah.

Dikutip dari laman resmi pemerintah Slovenia, keputusan untuk mendirikan akademi pemeliharaan lebah bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya pelajar terkait pemeliharaan lebah di negara Balkan itu.

Gagasan ini diumumkan oleh Menteri Pertanian Slovenia Dejan Zidan, Rabu (13/12). Gagasan terkait lebah bukanlah suatu hal yang baru, mengingat negara tersebut memang memberikan perhatian lebih terhadap serangga terbang penghasil madu itu.

Sebelum menggagas akademi pemeliharaan lebah, Slovenia pun memiliki beberapa kebijakan terkait lebah, diantaranya adalah pembangunan museum pada tahun 1959 yang mengoleksi dan menyimpan catatan dari beberapa daerah dan memperlihatkan legenda-legenda peternak lebah lokal hingga koleksi spesies lebah yang dimiliki Slovenia.

Hal tersebut dilakukan mengingat pemberdayaan lebah memiliki peran penting dalam perekonomian di negara itu. Jenis lebah yang diternakan merupakan spesies asli, yaitu lebah abu-abu Carniolan. Madu yang dihasilkan dari lebah ini bukan hanya untuk dikonsumsi, bisa juga digunakan sebagai obat hingga produk kecantikan.

Slovenia merupakan satu-satunya negara di eropa yang menjadikan lebah Carniolan sebagai spesies lebah yang dilindungi.

Bukan hanya itu, baru-baru ini Pemerintah Slovenia sudah mengajukan tanggal 20 Mei sebagai hari lebah dunia ke PBB.

Dikutip dari laman resmi pemerintahan Slovenia, inisiatif ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya hewan penyerbuk tersebut.

Realisasi dari gagasan tersebut pun tinggal menuggu waktu hingga PBB melakukan pemungutan suara mengenai usul tersebut. Dijadwalkan pemungutan suara akan dilakukan sepekan setelah Menteri Dejan Zidan mengumumkan gagasan mengenai akademi pemeliharaan labah ini.

Writer
Muhammad Lutfan Darmawan

Editor
Wisnu Prasetiyo

Sumber: https://kumparan.com/@kumparannews/unik-slovenia-menggagas-akademi-pemeliharaan-lebah

Tinggalkan Balasan